Selasa, 08 Mei 2012

Musamus - Wisata Rumah Semut Papua

Apabila anda ke Papua khususnya Kota Rusa Merauke, jangan lewatkan untuk melihat karya alami semut Merauke berupa gundukan tanah berwarna coklat yang tingginya bisa sampai 5 meter bahkan ada yang lebih.

Rumah Semut begitu orang menyebutnya. Kebanyakan informasi yang disampaikan bahwa Musamus adalah Rumah semut, padahal Musamus itu sebutan penduduk lokal, merupakan istana yang dibangun oleh koloni rayap. Menggunakan campuran dari rumput kering sebagai bahan utama dan liur sebagai semen untuk merekatkannya, dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun istana rayap ini.

Keistimewaan dari rumah rayap ini adalah rancangan ventilasinya yang berupa lorong-lorong, membantu melindungi dari air hujan, dan membantu melepas panas ke udara ketika musim panas tiba. Karena berbagai keistimawaan yang dipunyainya, maka tidak heran Musamus dijadikan lambang daerah Kabupaten Merauke.

Musamus ini hanya dapat ditemukan di beberapa tempat di dunia, dan untuk di Indonesia mungkin hanya ada di Merauke. Kita dapat menemukan Musamus di Taman Nasional Wasur dan di beberapa wilayah di Kabupaten Merauke.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More